Kabar PBSI
Perkuat Insight Dunia Penerbitan, Mahasiswa PBSI Bimtek ke Penerbit Erlangga dan UPI Press

Perkuat Insight Dunia Penerbitan, Mahasiswa PBSI Bimtek ke Penerbit Erlangga dan UPI Press

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2019 melakukan kegiatan Bimbingan Teknis ke Penerbit Erlangga dan UPI Press dalam rangka peningkatan pengalaman dan perkut insight tentang dunia penerbitan. Kegiatan ini dilakukan tanggal 18 Januari 2023. Mahasiswa berangkat dari Kampus IKIP Siliwangi dengan menggunakan 2 Bus dan di dampingi 4 orang dosen yaitu Kaprodi PBSI Diena San Fauziya, M.Pd., Sekretaris Prodi Indra Permana, M.Pd, Iis Siti Salamah Azzahra, M.Pd dan Suhud, M.Pd.

Sambutan Hangat dari Erlangga
Rombongan disambut dengan hangat oleh Erlangga, Ibu Dieana selaku Kaprodi menyampaikan sambutannya dalam acara tersebut, Ia meenyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dan berharap lulusan IKIP bisa berkarir tidak hanya di bidang pendidikan melainkan penerbitan juga jadi membuka wawasan selain daripada keilmuan pendidikan bahasa Indonesia.
Bimtek IKIP Bahasa Indonesia x Erlangga
Sementara itu materi bimbingan disampaikan oleh Bapak Dyon Dinata selaku Marketing Komunikasi (Markom) PT. Erlangga. Ia menyampaikan sejarah Erlangga berdiri, program unggulan saat ini yang bekerja sama dengan bunda literasi Jabar (Bu Atalia) untuk mengembalikan fitrah mendongeng dalam keluarga melalui program menulis bagi para inohong.

Lalu bercerita tentang bagaimana berkarir di erlangga. IKIP Siliwangi khususnya jurusan PBSI sangat punya peluang untuk bisa berkarir di Erlangga mengingat RPS dan materi terkait penyuntingan, penerbitan dan literasi media sudah diberikan. Jadi  sangat relevan dibutuhkan oleh perusahaan.

Kunjungan ke UPI Press
Kegiatan kunjungan dan Bimtek kedua dilakukan ke UPI Press. Di UPI Press materi disampaikan oleh Kepala UPI Press Pak Yadi Mulyadi, M.Pd. tentang membuat penerbitan juga percetakan di universitas untuk memberdayakan dosen dosen berkarya dalam bentuk buku, jurnal, artikel maupun surat kabar. Sudah lebih dari 500-an buku berhasil diterbitkan oleh UPI Press dari dosen dan mahasiswanya.

Pada kesempatan yang sama, Ibu Kaprodi PBSI Ibu Diena menyampaikan harapannya pula bahwa suatu hari di IKIP Siliwangi juga ingin ada lembaga atau bagian penerbitan yang bisa mengakomodasi kebutuhan penerbitan untuk Dosen, Mahasiswa maupun stakeholder lainnya dan berharap kunjungan lapangandaran dan bimtek ini menambah wawasan baru untuk mahasiswa.

Kegiatan ditutup dengan melakukan wisata edukasi dan budaya ke Great Asia Afrika yang letaknya tidak begitu jauh dari kampus UPI Bandung.

Lihat dokumentasi Keseruan Kegiatan Bimtek ke Erlangga dan UPI Press disini.



Kabar PBSI Lainnya
Mahasiswa PBSI IKIP Siliwangi Raih Prestasi Menjadi Duta Pajak Kabupaten Bandung
Mahasiswa PBSI IKIP Siliwangi Raih Prestasi Menjadi Duta Pajak Kabupaten Bandung
Sabtu, 06 April 2024 05:13 WIB
Kabar gembira datang dari civitas akademika IKIP Siliwangi. Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berhasil meraih prestasi menjadi Duta Pajak Kabupaten Bandung yang diselenggarakan oleh BAPENDA Kabupaten Bandung pada 26 Februari – 8 Maret 2024.
Dosen PBSI IKIP Siliwangi Torehkan Prestasi di Anugerah Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional 2023
Dosen PBSI IKIP Siliwangi Torehkan Prestasi di Anugerah Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional 2023
Sabtu, 04 November 2023 11:59 WIB
Sebanyak empat wirausaha muda berprestasi asal Jawa Barat meraih penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam ajang Anugerah Wirausaha Muda Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Nasional 2023
Mahasiswa dan Dosen PBSI IKIP Siliwangi Juarai Lomba Pantun Tingkat Jabar Banten di LLDIKTI 4
Mahasiswa dan Dosen PBSI IKIP Siliwangi Juarai Lomba Pantun Tingkat Jabar Banten di LLDIKTI 4
Selasa, 31 Oktober 2023 08:39 WIB
Mahasiswa dan Dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sabet juara kedua lomba Pantun tingkat Jabar Banten yang diselenggarakan LLDIKTI Wilayah 4 di Jatinangor Sumedang. Satu orang dosen dan 2 mahasiswa ini mampu mengalahkan puluhan peserta dari perguruan tinggi di Jawa Barat dan Banten.
170 Mahasiswa Ikuti Tes Kemahiran Bahasa Indonesia di PBSI IKIP Siliwangi
170 Mahasiswa Ikuti Tes Kemahiran Bahasa Indonesia di PBSI IKIP Siliwangi
Senin, 09 Agustus 2021 02:36 WIB
Sebanyak 170 Mahasisa mengikuti Tes Kemaharin Bahasa Indonesia pada Jumat lalu (6/08). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dilaksanakan sebagai langkah untuk mengetahui kemahiran berbahasa Indonesia untuk mahasiswa tingkat akhir yang akan melaksanakan skripsi.