Kabar IKIP Siliwangi
Tim Mulihkadesa IKIP Siliwangi Launching Tarumajaya.id dalam Program Innovillage 2021

Tim Mulihkadesa IKIP Siliwangi Launching Tarumajaya.id dalam Program Innovillage 2021

Tim “Mulih ka Desa” IKIP Siliwangi hadirkan Tarumajaya.id di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung sebagai wujud inovasi desa dan pelaksanaan program Sociopreneur Innovillage 2021 yang diselenggarakan Telkom University dan PT Telkom.

Tim yang terdiri dari Nia Oktapiani (Prodi BK) sebagai ketua Tim, beranggotakan  Lisda Siti Yuningsih (Prodi PBSI) dan Ainayyah, M.A.S. Edelweiss (Prodi BK) serta dibimbing oleh Dosen Pembimbing Iis Siti Salamah Azzahra (Dosen Prodi Bahasa Indonesia), menjadi 120 tim yang terpilih untuk melaksanakan program inovasi di seluruh Indonesia.

Tarumajaya.ID sendiri adalah sebuah platform berbasis PWA (Progressive Web App) yang memiliki 3 fitur utama untuk mendukung pengembangan wisata di Desa Tarumajaya. TarumajayaPedia yang menyajikan informasi destinasi wisata berikut dengan peta, foto dan video.

Tarumajayapedia menyajikan info wisata seperti Situ Cisanti atau yang popular sebagai titik 0 Km Citarum dan destinasi lainnya.

Untar Anter adalah fitur kedua yang menyajikan informasi mitra yang bisa mengantar wisatawan atau tour guide selama di Desa Tarumajaya dan yang ketiga adalah fitur Ngendong Dilembur, yaitu fitur yang memungkinkan wisatawan untuk bisa berlibur dan menginap di rumah warga yang menjadi mitra Tarumajaya.id, selain fitur utama ada juga berbagai informasi terkait dengan tarumajaya seperti blog, tanya jawab dan yang lainnya.

“Kedepan, kita akan coba terus damping Tarumajaya.ID ini sebagai semangat kami untuk memajukan Desa. Dalam Roadmap kami kedepannya akan menambah fitur untuk UMKM, integrasi dengan payment gateway dan menghadirkan dalam bentuk aplikasi. Mudah-mudahan semakin bermanfaat” Ujar Iis Siti Salamah Azzahra sebagai Dosen Pembimbing.

Hadirnya platform Tarumajaya.ID dari Tim Mulihkadesa disambut Bahagia oleh Pemerintah Desa Tarumajaya, kelompok pemuda desa dan juga Bumdes. Selain menghadirkan Tarumajaya.id, program ini juga menghibahkan seperangkat Komputer untuk operasional di desa dan juga memberikan subsidi kepada mitra-mitra untuk mulai berbenah dan bersiap menjadi mitra.

“Kami senang sekali dengan hadirnya Tarumajaya.id karena sejalan dengan rencana dan planning kami untuk pariwisata di Tarumajaya” ungkap Ahmad Deden Iksan, SE, Kepala Desa Tarumajaya.

Sebagai Informasi, Desa Tarumajaya juga sedang giat membangun wisata desa dengan membenahi destinasi wisata Situ Cisanti, Bukit Paesan dan yang terbaru Taman Wisata Desa (Tawides).

Tarumajaya adalah desa dibagian selatan Kabupaten Bandung dengan kontur pegunungan yang didominasi perkebunan teh, sayur mayur, kentang dan berada pada ketinggian sekitar 1200 mdpl dengan udara yang sejuk dan cenderung dingin.

“Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat kepada Desa khususnya, harapannya dengan program Innovillage ini juga memberikan pengalaman baru untuk mahasiswa di Indonesia dalam hal inovasi, komunikasi dan pengabdian kepada masyarakat” ujar AT Hanuranto, ketua pelaksana Innovillage 2021.

Program Innovillage 2021 adalah sebuah program tahunan yang digelar oleh Telkom University dan PT. Telkom untuk melakukan inovasi di desa-desa di Indonesia melalui tim-tim mahasiswa yang terpilih.

Dari 500 lebih tim yang mendaftar program ini, 120 tim terpilih  untuk melaksanakan ide programnya didesa, salah satunya adalah Tim Mulih ka Desa dari IKIP Siliwangi.

120 tim ini mendapatkan bantuan pendanaan dengan total sebesar 1.8 Milyar rupiah. 120 tim ini pada bulan Desember mendatang akan dipilih lagi menjadi 10 tim terbaik dan 3 tim terbaik di Innovillage 2021





Kabar IKIP Siliwangi Lainnya
IKIP Siliwangi Kembali Raih Prestasi di Tahun 2022
IKIP Siliwangi Kembali Raih Prestasi di Tahun 2022
Jum'at, 03 Juni 2022 21:48 WIB
IKIP Siliwangi kembali mendapatkan dua penghargaan atas capaian prestasinya yaitu sebagai Terbaik III Perguruan Tinggi dengan Pelaksanaan Tridharma di Luar Kampus dan Terbaik I untuk kategori Perguruan Tinggi dengan Pelaporan PDDIKTI Terbaik
Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa IKIP Siliwangi Berjiwa Entrepreneur
Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa IKIP Siliwangi Berjiwa Entrepreneur
Kamis, 15 Juli 2021 15:07 WIB
Di tengah pandemi saat ini, pemuda diharapkan dapat menumbuhkan jatidiri kewirausahaan untuk tetap memberikan nilai tambah baik secara pribadi maupun secara sosial. Oleh karena itu, IKIP Siliwangi melaksanakan Webinar Kewirausahaan tahun 2021 dengan menghadirkan Dr. Sandiaga Uno, MBA. (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)