ABSTRAK. Eksploitasi perempuan dalam iklan seringkali menyentuh ranah feminisme. Stereotip terhadap perempuan terutama yang tubuh perempuan dalam iklan seringkali dijadikan objek keindahan atau pelecehan. Berdasarkan latar belakang itulah maka tujuan penelitian ini yaitu kajian feminisme tentang ekploitasi perempuan dalam iklan pembalut Laurier Relax Night. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis data.Objek penelitian yaitu iklan pembalut Laurier Relax Night. Berdasarkan hasil kajian feminisme mengenai eksploitasi perempuan dalam iklan pembalut dapat disimpulkan bahwa perempuan dalam iklan pembalut diperlakukan dan diposisikan dengan tanda dan citra tertentu. Tubuh perempuan dimanfaatkan oleh pembuat narasi cerita sebagai stereotip pemenuhan kebutuhan. Citra terhadap tubuh perempuan lebih banyak dimanfaatkan dalam iklan pada aspek kelemahan perempuan. Eksploitasi tubuh perempuan membawa perubahan ekonomi sehingga perempuan berani melakukan untuk kepentingan komersial.
Kata Kunci. eksploitasi, feminisme, iklan, tubuh perempuan