e-Prosiding

PEMBELAJARAN BERDIMENSI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN STRATEGI “BUZZ IN DE Q-ROD”

Panji Pratama



ABSTRAK. Salah satu esensi perubahan kurikulum 2013 sesuai dengan amanat UU No 20 tahun 2003 adalah kenyataan tentang tantangan masa depan yang patut diantisipasi. Di antaranya meliputi arus globalisasi, masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, kovergensi ilmu dan teknologi, dan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan. Makalah ini merupakan hasil pengalaman terbaik penulis dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) berbasis android dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Makalah ini bertujuan memberikan alternatif bagi guru-guru di sekolah dalam membelajarkan bahasa Indonesia dengan asyik dan melek teknologi. Makalah ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran teks prosedur. Makalah ini juga berupaya memecahkan permasalahan pembelajaran yang berdimensi karakter. Pengembangan pembelajaran dengan strategi Buzz in the Q-Rod ini terinspirasi dari kode cepat (QR Code) yang ada dalam produk sehari-hari dan sudah sangat familiar dengan kehidupan siswa sekarang. Berdasarkan hasil pengalaman terbaik penulis, pembelajaran dengan strategi Buzz in the Q-Rod ini cukup berhasil sebagai pemicu peserta didik untuk mencintai pembelajaran bahasa Indonesia dengan gembira dan asyik. Strategi ini pula yang berhasil memadukan dimensi karakter dalam pembelajaran.


Kata Kunci. Buzz in The Q-Rod, pendidikan karakter, strategi pembelajaran



Download PEMBELAJARAN BERDIMENSI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN STRATEGI “BUZZ IN DE Q-ROD”

Download Full Text
Published
05 Juli 2023
Issue
Volume (1). eProsiding - Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Section
Article