e-Prosiding

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMK MENGGUNAKAN TEKNIK SHOW NOT TELL

Lilis Sadiah, Neneng Kartika



ABSTRAK. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai belajar siswa pada pembelajaran teks cerpen. Hal ini disebabkan penguasaan kosakata, gaya bahasa, struktur dan kaidah kebahasaan siswa yang masih kurang, serta teknik pembelajaran yang dilakukan guru tidak variatif. Teks cerpen merupakan salah satu materi yang harus dikuasai oleh siswa. Peneliti berinisiatif menerapkan teknik Show Not Tell pada pembelajaran teks cerpen. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen one group desain yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik show not tell pada pembelajaran teks cerpen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI Kimia Industri A di SMKN 4 Padalarang. Kemampuan menulis cerpen diukur dengan tes tulis menyusun cerita pendek. Seluruh data diolah dengan SPSS. Nilai rata-rata pretes sebesar 55,370, nilai rata-rata postes sebesar 72,925 (KKM=70), rata-rata perbedaan keduanya sebesar 17,555. Hasil uji normalitas diperoleh hasil P-Value (sig.) nilai pretest 0,050 dan nilai posttest 0,105. Hasil uji normalitas menunjukkan P-Value (sig.)? 0,05, artinya kedua data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh hasil bahwa hasil P-Value (sig.) 0,590. Karena P-Value (sig.) lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima, yang artinya varian dari kedua kelompok nilai yang dibandingkan homogen.Uji t sampel berkorelasi diperoleh hasil t hitung dan t tabel adalah t hitung ? t tabel = 12,301 ? 2,056 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan hasil pembelajaran menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan teknik show not tell pada siswa kelas XI Kimia Industri SMKN 4 Padalarang.


Kata Kunci. Cerpen, Show Not Tell.



Download MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMK MENGGUNAKAN TEKNIK SHOW NOT TELL

Download Full Text
Published
05 Juli 2023
Issue
Volume (1). eProsiding - Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Section
Article