ABSTRAK. Budaya literasi masih menjadi tantangan besar dalam upaya meningkatkannya, khususnya pada generasi milenial sekarang ini. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak faktor seperti rendahnya minat baca, keterbatasan buku, pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta perubahan budaya dan cara hidup. Berbagai program yang dilaksanakan oleh pemerintah seperti mewajibkan membaca sejumlah buku untuk siswa, membuat perpustakan-perpustakaan keliling juga belum sepenuhnya berhasil meningkatkan budaya membaca, padahal tinggi rendahnya budaya literasi menjadi salah satu indikator tinggi rendahnya kulitas pendidikan di suatu negara dan pendidikan menjadi indikator kemajuan dari negara itu sendiri. Oleh karena itu, perlu sebuah cara untuk meningkatkan budaya literasi pada generasi milinial yang mampu mengkombinasikan peningkatan aktifitas membaca buku dengan teknologi terdekat yang ada dan digunakan oleh generasi milinelial. Makalah ini ditulis untuk memberikan gambaran bagaimana model gamifikasi berbasis aplikasi mobile dapat menjadi solusi untuk meningkatkan budaya literasi pada generasi milenial saat ini.
Kata Kunci. budaya literasi, generasi milinelial, model gamifikasi, aplikasi android