ABSTRAK. Membuat puisi bagi sebagian orang bukanlah hal sulit. Akan tetapi, bagi orang yang tidak terampil mengolah kata maka mencari pilihan kata yang tepat dan mengolah diksi tersebut menjadi suatu persoalan tersendiri. Melalui mata kuliah bahasa Indonesia di perguruan tinggi, peneliti mencoba menguraikan secara deskripsi keterampilan mahasiswa yang mampu mengolah diksi menjadi puisi. Kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperjelas gambaran pembaca terhadap kreativitas pengolahan diksi itu. Data berupa puisi yang dibuat oleh mahasiswa dengan tema yang berbeda dan sudah ditentukan oleh peneliti. Tema tersebut adalah keIndonesiaan, ke-Islaman, ke-Pendidikan, dan ke Matematikaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu memilih kata dan memiliki keterampilan mengolah diksi menjadi puisi. Judul-judul puisi yang beragam pun bermunculan hingga dikumpulkan oleh peneliti dalam sebuah antologi puisi sebanyak dua buku. Demikian pula tindak lanjut dari karya berupa puisi mahasiswa itu bisa dikirim ke media cetak atau tabloid kampus yang bisa menambah nilai tersendiri bagi mahasiswa. Minimal mahasiswa bertambah rasa percaya dirinya dan lebih giat lagi dalam melahirkan karya-karya puisi berikutnya.
Kata Kunci. mengolah diksi, puisi, pembelajaran bahasa Indonesia