e-Prosiding

HUMANISTIC CONTEXT TO INCREASE BIPA LEARNERS’ WRITING SKILLS

Ananda Siti Khoirunnisa



ABSTRAK.

Pembelajar BIPA terkadang menemukan kesulitan dalam menulis teks. Salah satu alasan utamanya adalah mereka membutuhkan bantuan untuk menemukan konteks yang tepat untuk teks yang harus mereka tulis. Konteks humanistik dapat menjadi jawaban atas permasalahan tersebut untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Konteks ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran menulis BIPA untuk meningkatkan peserta didik untuk mengelaborasi lingkungan sekitar atau topik yang relevan berdasarkan apa yang mereka alami dalam kehidupan. Penelitian ini ditulis untuk mendeskripsikan penggunaan konteks humanistik dalam pembelajaran pembelajar BIPA di Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif hasil belajar siswa menulis teks menjadi data primer setelah konteks humanistik diperkenalkan di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik secara signifikan beristirahat dalam mengeksplorasi korelasi antara teks dalam proses pembelajaran dengan konteks humanistik apapun yang mereka alami. Mereka juga memperhatikan hal-hal sederhana dari lingkungan sekitar mereka untuk topik tulisan mereka. Pada akhirnya, mereka dapat menulis teks dengan konten yang kaya akan hal-hal yang mereka ketahui dan terkait dengan genre teks yang mereka pelajari. Hasil penelitian ini dapat menjadi stimulus bagi penelitian selanjutnya untuk melakukan proses pembelajaran BIPA dengan pendekatan humanistik.


Kata Kunci. keterampilan menulis BIPA, konteks humanistik, pembelajaran menulis


ABSTRACT.

BIPA learners sometimes find difficulties in writing text. One of the main reasons is that they needed help finding the right context for the text they had to write. Humanistic context can be the answer to that problem to increase learners’ writing skills. This context can be applied in BIPA writing learning process to enhance the learners to elaborate on their surroundings or relevant topics based on what they experienced in life. This research was written to describe the use of humanistic context in BIPA learners’ learning in Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia. The method used is qualitative descriptive research method learners writing text results became the primary data after humanistic context was introduced in class. The results showed that the learners are insignificantly rested in exploring the correlation between text in the learning process with any humanistic context they have experienced. They also notice simple things from their surroundings for their writing topic. In the end, they can write a text with rich content of things they have known and related to genre text they learned. The results of this research can be a stimulus for future research to conduct the BIPA learning process with a humanistic approach.


Keywords. BIPA writing skills, humanistic context, writing learning



Download HUMANISTIC CONTEXT TO INCREASE BIPA LEARNERS’ WRITING SKILLS

Download Full Text
Published
03 Juli 2023
Issue
Volume (3). eProsiding - SIPB LEICon - Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Section
Article