e-Prosiding

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS AL LUTHFAH MELALUI PENDEKATAN FIELD TRIP

Ade Tina Rohimah, Fauzya Hayatun Nupus



ABSTRAK. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa yang masih rendah. Hal itu dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan pendekatan yang monoton sehingga mereka masih kebingungan untuk menulis dan memadukan kata kata menjadi teks yang utuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program lesson study, khususnya dalam hal peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan field trip. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berbasis lesson study. Temuan analisis ini adalah dengan melaksanakan program lesson study menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menulis teks deskripsi dengan pendekatan field trip. Hal ini diketahui dengan semakin banyaknya siswa yang menunjukkan peningkatan kemampuan menulis dalam proses pembelajaran. Siswa pun mampu menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks deskripsi. Hasil dari siklus 1 nilai terkecil 56 dan nilai terbesar 69 dengan rata-rata nilai 61,56. Adapun siklus 2 nilai terendah 58 dan nilai tertinggi 75 dengan rata-rata nilai 63,85. Dari kedua silus ini ada peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun teks deskripsi.


Kata Kunci. menulis, deskripsi, field trip



Download MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS AL LUTHFAH MELALUI PENDEKATAN FIELD TRIP

Download Full Text
Published
05 Juli 2023
Issue
Volume (1). eProsiding - Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Section
Article