ABSTRAK.
Pendidikan di abad 21 senaantiasa berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. Bukan hanya peserta didik yang harus ditingkatkan kreativitas dan semangatnya, namun pendidik memiliki peranan penting dalam membimbing, mendidik, mengarahkan, dan mengevaluasi perkembangan peserta didik dengan kemampuan pengetahuan, keterampilan, dan profesionalitas yang dimilikinya. Emotional Spiritual Therapy (EST) menjadi obat untuk menyelesaikan pelbagai permasalahan baik medis maupun nonmedis. Pendekatan EST dalam pembelajaran menulis cerpen sangat penting diterapkan agar menumbuhkan imajinasi yang tinggi dalam menulis cerpen. Pembelajaran menulis cerpen diperlukan penerapan metode dan pendekatan yang tepat sehingga menghasilkan pembelajar yang terampil menulis. Keterampilan menulis menjadi modal dasar dalam kehidupan, dalam pengembangannya keterampilan ini dapat menjadi modal awal untuk mendapatkan penghasilan yang dapat menopang hidup. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui gambaran pembelajaran menulis cerpen dengan EST berbasis TPACK dan mendapat kebermanfaatan EST dalam kehidupan yang lebih bahagia, kedamaian pikiran yang membuat produktivitas dan kreativitas meningkat, memiliki pemikiran yang tenang yang dapat meningkatkan imun dan kelancaran rizki dengan mengisi kehidupan melalui kegiatan yang positif. Manfaat ini sangat diperlukan agar membangun manusia Indonesia yang maju dan berkembang dan memiliki kreativitas yang tinggi. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif Peneliti menerapkan pendekatan EST dalam pembelajaran menulis cerpen upaya peningkatan pedagogic melalui TPACK. Hasil penelitian ini menghasilkan mahasiswa yang memiliki kecerdasan pedagogik dan mahasiswa yang produktif dengan kreativitas yang tinggi dalam menulis. Keterampilan menulis sangat dibutuhkan dan merupakan keterampilan yang dapat memajukan bangasa Indonesia.
Kata Kunci. Pembelajaran, menulis cerpen, emotional spiritual theraphy, TPACK
Keywords. Learning, short story writing, emotional spiritual theraphy, TPACK