ABSTRAK.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh besar terhadap proses pembelajaran di abad 21. TPACK merupakan pengetahuan untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran materi tertentu, salah satunya mata kuliah Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Opimalisasi TPACK dalam perkuliahan Media Pembelajaran sangat diperlukan agar kebutuhan teknologi dalam pembelajaran dapat terpenuhi. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan optimalisasi TPACK dalam perkuliahan Media Pembelajaran melalui aplikasi discord. Discord sudah berevolusi menjadi lebih dari sebatas software voice chat-nya para gamer jadi tidak ada salahnya jika aplikasi ini digunakan dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Saat ini discord sangat berkembang pesat. Discord sudah ada di berbagai macam platform bahkan sudah tersedia secara online di website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pra-eksperimental dengan desain one-shot case study. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPACK melalui aplikasi discord pada mata kuliah media pembelajaran masih kurang optimal. Hasil observasi menunjukkan ada beberapa fitur yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya pada saat penggunaan aplikasi dalam perkuliahan. Kesulitan mengoperasikan fitur juga dirasakan oleh beberapa mahasiswa terutama bagi yang pertama kali mengenal discord. Meskipun demikian, hasil angket menunjukkan respons cukup positif. Mahasiswa tertarik dan ingin belajar lebih mendalam terkait aplikasi Discord ini. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Discord dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran berbasis TPACK dalam perkuliahan.
Kata Kunci. TPACK, Discord, Media Pembelajaran
ABSTRACT.
The development of information and communication technology has a major influence on the learning process in the 21st century. TPACK is knowledge to integrate technology into the teaching of certain materials, one of which is the Indonesian Language and Literature Learning Media course. The need for optimizing TPACK in Learning Media lectures so that technology needs in learning can be met. The purpose of this study is to describe the optimization of TPACK in Learning Media Learning through the discord application. Discord has evolved to be more than just a voice chat software for gamers, so there's nothing wrong with using this application for online learning during a pandemic. Currently discord is growing rapidly. Discord already exists on various platforms and is even available online on the website. The method used in this research is a pre-experimental method with a one-shot case study design. The research instrument used observation sheets and questionnaires. The results showed that the application of TPACK through the discord application in the learning media course was still less than optimal. The results of the observations show that there are several features that do not function properly when using the application in lectures. Some students also experienced difficulties in operating the features, especially for those who are familiar with discord for the first time. Nevertheless, the results of the questionnaire showed a quite positive response. Students are interested and want to learn more about this Discord application. It can be concluded that the Discord application can be used as an alternative to TPACK-based learning media in lectures.
Keywords. TPACK, Discord, Learning Media