ABSTRAK.
Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan dampak Pandemi Covid-19 membuat perilaku dan gaya kehidupan manusia berubah, tidak terkecuali pada cara berliterasi siswa. Siswa lebih terbiasa untuk menggunakan produk-produk teknologi baik yang bersifat fisik seperti gawai maupun software. Akan tetapi, di satu sisi interaksi siswa dengan alam, benda-benda fisik justru berkurang, sehingga dibutuhkan sebuah media untuk dapat terus memacu keseluruhan aspek literasi siswa dengan tetap memiliki interaksi dengan benda-benda yang sedang dipelajari. Makalah ini ditulis untuk memberikan gambaran bagaimana sebuah alternatif media pembelajaran digital berbasis Quick Response Code (QRCode) dirancang dengan prosedur penerapannya dalam proses pembelajaran bahasa sehingga pembelajaran di kelas semakin menarik, meningkatkan minat belajar siswa, melatih siswa berteknologi, meningkatkan minat literasi tetapi tetap memiliki interaksi dengan lingkungan sekitar.
Kata Kunci. Literasi Digital, Quick Response Code, Media Interaktif
Keywords. Digital Literacy, Quick Response Code, Interactive Media