ABSTRAK.
Pada era industri 4.0 dan menyongsong era society 5.0 ditambah Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Outcomes based Education (OBE) membuat beragam mata kuliah mendapatkan posisi dalam berkontribusi menjawab tantangan dan peluang industrialisasi, salah satunya mata kuliah Enterpreneurship Literasi Bahasa. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah Enterpreneruship Literasi Bahasa berbasis model Project based Learning yang berorientasi pada luaran berupa pencarian naskah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui teknik observasi dan portofolio. Subjek penelitian adalah 54 mahasiswa dalam program Pertukaran Mahasiswa-Merdeka (Permata Merdeka) dengan 38 mahasiswa IKIP Siliwangi dan 16 mahasiswa inbond dari berbagai perguruan tinggi. Hasil yang diperoleh adalah mata kuliah Enterpreneurship Literasi Bahasa berbasis Project based Learning dapat menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang industrialisasi melalui ketercapaian capaian pembelajaran berupa pencarian naskah fiksi yang siap diterbitkan dan memiliki peluang komersil berupa antologi sebagai representasi kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah Enterpreneurship Literasi
Kata Kunci. industrialisasi bahasa, pendidikan umum, bahasa Indonesia, kewirausahaan literasi
Keywords. language industrialisation, general education, Indonesian language, literacy entrepreneurship