ABSTRAK.
Ketajaman argumentasi adalah sebuah konsep berpikir yang hanya bisa diciptakan dari proses belajar yang interaktif, melalui penelitian ini kita akan membahas secara deskriptif alasan ideologi Pancasila digunakan dalam kurikulum merdeka. Selain itu, dalam artikel ini juga akan dibahas mengenai Pendidikan karakter sebagai landasan filosofis yang digunakan sebagai wujud dari implementasi ideologi Pancasila. Adapun metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang berlandaskan pada teori Michael Foucault. Dan hasil yang akan didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah realita Pendidikan yang bertujuan untuk membangun penyamaan persepsi dan juga menciptakan manusia yang bermoral dan beretika sesuai dengan ideologi bangsa.
Kata Kunci. Pendidikan karakter, ideologi pancasila, kurikulum merdeka
ABSTRACT.
The sharpness of argumentation is a concept of thinking that can only be created from an interactive learning process, through this research we will discuss descriptively the reasons why the Pancasila ideology is used in the independent curriculum. In addition, this article will also discuss character education as a philosophical foundation used as a manifestation of the implementation of Pancasila ideology. The method used is a qualitative descriptive approach based on Michael Foucault's theory. And the results that will be obtained from this research are an educational reality that aims to build a common perception and also create moral and ethical humans in accordance with the nation's ideology.
Keywords. Character education, Pancasila ideology, independent curriculum