e-Prosiding

IMPLEMENTATION OF CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) TOWARDS INDONESIAN LANGUAGE LEARNING

Dina Fitria Handayani, Annisa Mutia Rahmah



ABSTRAK.

Tuntutan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia sangat dibutuhkan. Pembelajaran akan berkualitas jika dosen dapat mengelola dan mampu menerapkan model pembelajaran yang tepat. Penggunaan model pembelajaran yang tepat diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran keterampilan menulis, dalam hal ini tidak hanya meningkatkan kompetensi keterampilan berbahasa tetapi juga memahami konten pembelajaran bahasa. Salah satu model yang bisa digunakan adalah model Content and Languange Integrateg Learning. CLIL merupakan salah satu model pembelajaran yang menggabungkan antara bahasa dan content pembelajaran bahasa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan CLIL (Content and Languange Integrateg Learning) terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dan teknik mengumpulkan data dilakukan dengan menyebar kuesioner pada 35 Mahasiswa. Penggunaan model CLIL dalam pembelajaran memungkinkan mahasiswa memahami lebih penggunaan bahasa Indonesia, menambah kosakata dan membantu mahasiswa dalam memahami tentang tatabahasa dan keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Disamping itu juga mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diperlajari melalui pembelajaran berkelompok, dan pemberian latihan.


Kata Kunci. Content And Languange Integrated Learning (CLIL), Pembelajaran Bahasa


ABSTRACT.

The demand for Indonesian language learning innovation is urgently needed. Learning will be of high quality if the lecturer can manage and be able to apply the right learning model. The use of an appropriate learning model is expected to be able to achieve the objectives of learning writing skills, in this case not only increasing the competence of language skills but also understanding language learning content. One model that can be used is the Content and Language Integrated Learning model. CLIL is a learning model that combines language and language learning content. This research was conducted to describe the implementation of the CLIL (Content And Language Integrate Learning) approach to Indonesian language learning. This study used a descriptive qualitative research design and data collection techniques were carried out by distributing questionnaires to 35 students. The use of the CLIL model in learning allows students to better understand the use of Indonesian, increases vocabulary and assists students in understanding grammar and Indonesian language skills properly and correctly. Besides that, it also affects students' understanding of the material studied through group learning, and giving exercises.


Keywords. Content And Language Integrated Learning (CLIL), Language Learning



Download IMPLEMENTATION OF CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) TOWARDS INDONESIAN LANGUAGE LEARNING

Download Full Text
Published
04 Juli 2023
Issue
Volume (3). eProsiding - SIPB LEICon - Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Section
Article