ABSTRAK.
Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan yang menjadi muara dari pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu jenis tulisan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD adalah menulis karangan. Siswa kelas V di SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat, yaitu mengalami kesulitan untuk mencurahkan ide dalam bentuk tulisan. Hal ini disebabkan oleh penyampaian materi oleh guru yang cenderung pasif. Penelitian ini merupakan upaya mencari alternatif dari permasalahan yang terjadi, yaitu dengan menerapkan media gambar seri. Gambar seri merupakan rangkaian suatu cerita yang dibuat dari kertas yang terdiri dari macam-macam gambar. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat yang berjumlah 16 orang. Penelitian merupakan jenis penelitian tindakan kelas, sedangkan analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan uji analisis hasil tes kemampuan menulis karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas V SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat belum mencapai peningkatan 72,5% pada siklus I dan baru mengalami peningkatan sebesar 92,1% pada siklus II. Maka terdapat hubungan yang kuat antara media gambar seri dan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat.
Kata Kunci. Keterampilan Menulis, Media Gambar Seri, Sekolah Dasar
ABSTRACT.
Writing composition skill is one of the skills that is the goal of learning Indonesian. One type of writing in learning Indonesian in elementary school is writing essays. 5th class students at SD Katolik 03. Yohanes Mapanget Barat, that is having difficulty expressing ideas in written form. This is caused by the delivery of material by teachers who tend to be passive. This research is an attempt to find alternatives to the problems that occur, namely by applying serial picture media. Serial picture media is a series of stories made of paper consisting of various pictures. The subjects of this research were 5th class students at SD Katolik 03. Yohanes Mapanget Barat, totaling 16 students. Research is a type of classroom action research, while data analysis is carried out quantitatively and qualitatively. This research used an analysis test on the results of an essay writing ability test. The results of the research show that the Application of Serial picture media to Improve Writing Skill 5th class students at SD Katolik 03. Yohanes Mapanget Barat has not yet achieved an increase of 72.5% in cycle I and only experienced an increase of 92.1% in cycle II. So, there is a strong relationship between Serial picture media and Writing composition skill 5th class students at SD Katolik 03. Yohanes Mapanget Barat.
Keywords. Writing Composition Skill, Serial Picture Media, Elementary School