ABSTRAK.
Artikel ini membahas perkembangan media digital untuk pembelajaran bahasa Indonesia di Indonesia. Artikel Keterampilan menulis merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki dan terus dikembangkan oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Aktivitas belajar maupun mendidik nantinya setelah menjadi guru sangat bersentuhan dengan teks dan keterampilan menulis. Berdasarkan pengamatan dan penilaian yang dilakukan peneliti di kelas, keterampilan menulis mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menemukan kesalahan sintaksis dan semantik pada tulisan mahasiswa agar menjadi acuan pendidik dalam merancang pembelajaran menulis. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan analisis struktural data interaktif milik Miles & Huberman. Data merupakan tulisan 10 mahasiswa yang terdiri dari 172 kalimat. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan paling banyak pada tataran semantik, khususnya kategori pleonasme sebanyak 94 kesalahan. Disusul oleh kategori pilihan kata 68 kesalahan, 22 kesalahan nalar, dan 6 kalimat taksa. Pada tataran sintaksis ditemukan 24 kalimat rancu dan 15 ketidaktepatan bentuk kata.
Kata Kunci. Keterampilan Menulis, Sintaksis, Semantik.
ABSTRACT.
Writing skills is a basic skill that must be possessed and continuously developed by students, especially Indonesian Language Education students. Learning activity as well as educating later on after becoming a teacher will be very touching with text and writing skills. Based on observation and research conducted by researchers in writing skills Indonesian Language Education class is still low. Therefore, this research intends to find syntax and semantic errors on students’ writings so that they become educator’s reference in designing writing learning. This research is applying qualitative descriptive methods with interactive data analysis by Miles & Huberman. The data is 10 students’ writings that consisted of 172 sentences. The result of research showed the most errors at the semantic level, especially the pleonasm category was 95 errors. Followed by 68 word choice category error, 22 misconception, and 6 equivocal sentences. In syntax level I found 24 confusion sentences and 15 word form inaccuracy.
Keywords. Writing Skills, Syntax, Semantic